AI

Manfaat Teknologi AI Untuk Bisnis Online

Membahas teknologi AI tentunya tak bisa lepas dari perkembangan bisnis online di Indonesia. Seiring perkembagannya, bisnis online memanfaatkan berbagai teknologi AI dalam penerapannya, salaj satunya adalah fitur Chatbot.

Apa Itu Chatbot?

Fitur ini sangat diminati oleh para pebisnis online di Indonesia. Teknologi AI yang dibenamkan pada Chatbot digunakan untuk merespon percakapan konsumen.

Penggunaan Chatbot bisa anda temui pada platform berbelanja online atau e-commerce. Pelaku bisnis online biasa menggunakan fitur ini untuk menjawab setiap pesan dan pertanyaan dari para konsumen secara otomatis.

Karena mengusung kecerdasan buatan, Chatbot mampu merespon percakapan secara objektif dan natural. Dengan kemampuan ciamik ini, tentunya Chatbot sangat menguntungkan pebisnis. Fitur ini berbentuk aplikasi yang bisa anda gunakan kapan pun, sehingga bisa menggantikan peran customer service.

Siapa Saja Yang Cocok Menggunakan Chatbot?

  • Pemilik Toko Online

Bagi anda yang memiliki toko online, atau website bisnis online, tentunya sangat cocok menggunakan fitur ini. Dengan Chatbot, anda tidak perlu lagi menyewa admin yang bertugas membalas pesan dari konsumen satu persatu.

  • Jasa Pemasaran Online

Chatbot juga sangat cocok digunakan bagi anda yang menyediakan jasa pemasaran online atau digital marketing. Dengan Chatbot, anda bisa mengatur isi pesan yang akan dijawab secara otomatis oleh teknologi AI ini. Anda bisa mengatur percakapan dengan teknik copywriting yang menjual untuk menarik minat konsumen potensial.

  • Perbankan

Bayangkan berapa banyak pesan yang diterima oleh customer service sebuah bank setiap hari. Dengan fitur Chatbot, pekerjaan seorang CS bank tentu akan terasa lebih mudah.

Teknologi AI yang dibenamkan pada Chatbot bahkan bisa digunakan untuk membalas email. Kecerdasan buatannya mampu menganalisa kata-kata yang digunakan, sehingga dapat memberikan jawaban yang relevan senatural mungkin.

Sebelum kehadiran fitur ini, perbankan biasanya menugaskan para CS untuk menjawab setiap pertanyaan dan keluhan nasabahnya. Menggunakan Chatbot tentunya akan menghemat biaya yang dikeluarkan perbankan dalam mempekerjakan seorang CS.

Nah, itu lah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat menggunakan fitur Chatbot. Kecerdasan buatan pada Chatbot bahkan dapat digunakan untuk mengoleksi data konsumen, menganalisa kebiasaan konsumen, dan melakukan promosi kepada konsumen potensial.

Print Friendly, PDF & Email